Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sistem Informasi


Suatu sistem di dalam suatu organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan atau bisa juga didefinisikan sebagai kerangka kerja yang mengkoordinasikan sumber daya (manusia dan komputer) untuk mengubah masukan (input) menjadi keluaran (informasi) guna mencapai sasaran-sasaran perusahaan.


Rangkaian orang, prosedur, dan sumber daya yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam suatu organisasi. Sebuah sistem yang menerima sumber daya data sebagai input dan memprosesnya ke dalam produk informasi sebagai outputnya.

An information system is a set of interrelated components that collect, manipulate, store data and disseminate information and provide a feedback mechanism to monitor performance.
An organized combination of people, hardware, software, communications networks, and data resources that collects data, transforms it, and disseminates information.



Transaction Processing Systems (TPS)

adalah sistem yang terkomputerisasi yang dikembangkan untuk memproses data-data dalam jumlah besar dan untuk transaksi bisnis rutin seperti daftar gaji dan investasi; TPS merupakan sistem tanpa batas yang memungkinkan organisasi bisa berinteraksi dengan lingkungan external dan pimpinan bisa melihat data yang dihasilkan oleh TPS secara langsung.

Office Automation System (OAS)

digunakan untuk mendukung pekerja data; biasanya tidak menciptakan hal baru melainkan hanya menganalisis informasi sedemikian rupa untuk mentrasformasikan data atau memanipulasikannya dengan cara-cara tertentu sebelum membagikannya atau menyebarkannya secara keseluruhan, dengan organisasi dan kadang-kadang diluar itu. Contoh: Word Processing, Spreadsheets, Electronic Schedule, Email, Video Conference.

Knowledge Work Sistem (KWS)

digunakan untuk mendukung para pekerja profesional seperti ilmuan, insinyur, dan doktor dengan membantu mereka menciptakan pengetahuan baru dan memungkinkan mereka keorganisasi atau masyarakat. Contoh: AutuCAD untuk insinyur.

Sistem Informasi Manajemen (SIM)

adalah sistem informasi yang sudah terkomputerisasi yang bekerja karena adanya interaksi antara manusia dan komputer.; SIM mendukung tugas-tugas yang lebih luas dari TPS termasuk analisa keputusan dan pembuat keputusan; untuk mengakses informasi, pengguna SIM membagi basis data, basis data menyimpan data dan model yang membantu pengguna menginterpretasikan dan menerapkan data-data tersebut; SIM menghasilkan output informasi yang digunakan untuk membuat keputusan. SIM juga dapat membantu menyatukan beberapa informasi bisnis yang sudah terkomputerisasi.

Decision Support System (DSS)

memiliki fungsi untuk mendukung pembuatan keputusan diseluruh tahapan, meskipun keputusan aktual masih merupakan weweang ekslusif pembuat keputusan.

Expert System dan Artificial Inteligent

AI dimaksudkan untuk mengembangkan mesin-mesin yang berfungsi secara cerdas. Dua cara untuk melakukan riset AI adalah memahami bahasa alamiahnya dan menganlisis kemampuannya untuk berfikir melalui problem sampai kesimpulan logiknya.


Decision Support Sistem (GDSS)

Computer Supported Collaborative Work System (CSCW) - Computer-Supported Colaborative Work Systems; GDSS dimaksudkan untuk membawa kelompok bersama-sama menyelesaikan masalah dengan memberi bantuan dalam bentuk pendapat, kuesioner, konsultasi dan skenario.


Executive Support Systems (ESS)

ESS tergantung pada informasi yang dihasilkan TPS dan SIM dan ESS membantu eksekutif mengatur interaksinya dengan lingkungan eksternal dengan menyediakan grafik-grafik dan pendukung komunikasi di tempat-tempat yang bisa diakses seperti kantor.